Rabu, 01 Agustus 2012

Sukseskan Peringatan Pekan ASI Dunia


Bertepatan dengan pekan ASI sedunia (World Breastfeeding Week)  1-7 Agustus, menjadi momen untuk masyarakat di Indonesia sadar ASI (Air Susu Ibu) yaitu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi dengan sempurna.  ASI adalah makanan terbaik bagi bayi selama 6 bulan pertama dalam fase kehidupannya.

ASI tidak sekedar Air Susu Ibu yang diberikan kepada bayi secara formalitas saat bayi menangis saja. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pemberian ASI secara ekslusif . Bagi bayi pemberian ASI ekslusif memberikan dampak kesehatan dan memberikan gizi paling sesuai untuk kebutuhan bayi.  Manfaat lain dari pemberian ASI ekslusif yaitu :
  1. Menyusui meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi 
  2. ASI jauh lebih murah ASI meningkatkan kecerdasan otak  Hasil penelitian dr.Riva (1997) ditemukan bahwa bayi yang diberi ASI ekslusif ketika berusia 9,5 tahun mempunyai tingkat IQ 12,9 point lebih tinggi dibanding anak yang ketika bayi tidak diberi ASI ekslusif.
  3. ASI meningkatkan daya tahan tubuh
  4. ASI mengandung sel darah putih, antibody, hormon faktor-faktor pertumbuhan enzim serta zat pembunuh bakteri dan virus 
  5. ASI mencegah reaksi alergi dan asma 
  6. ASI melindungi bayi dari penyakit 
  7. ASI dapat meningkatkan daya penglihatan dan menstimulan bicara 
  8. ASI lebih mudah di cerna bayi
Untuk memberikan program  ASI diperlukan dukungan suami/keluarga dan masyarakat. Semoga dengan peringatan pekan ASI dunia ini menyadarkan ibu untuk semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberian  ASI minimal sampai usia bayi 6 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV