Kamis, 10 Desember 2015

Asian Ageing Business Centre Jepang Kunjungi Dusun Ramah Lansia Pleret


Pada tanggal 10 Desember 2015 Dusun Ramah lansia yang berada di Dusun Karet Pleret Bantul Yogyakarta merupakan binaan Cita Sehat Foundation (CSF) dikunjungi oleh Asian Ageing Business Centre (AABC) Jepang Prof Takeo Ogawa beserta rombongan Korea.  Tujuan kunjungan ini untuk melihat program keberhasilan longterm care lansia yang berada di Dusun Karet Pleret Bantul Yogyakarta. Program pembinaan lansia diikuti oleh 141 orang lansia dan 10 diantaranya lansia mengalami keterbatasan gerak. Program pembinaan lansia meliputi checkup kesehatan rutin lansia, senam, kesenian, long term care (LTC), bersih-bersih rumah lansia dan capacity building bagi care giver dan campaign elderly care kepada seluruh masyarakat di dusun Karet Pleret Bantul. Kegiatan kunjungan diawali dengan ramah tamah dengan warga masyarakat beserta pemerintah lokal kecamatan, kelurahan, dinas kesehatan, puskesmas serta aparat dusun. Dilanjutkan pemaparan program LTC, sharing serta kunjungan lapangan LTC di rumah Bapak Asmudi.
Bapak Asmudi salah satu peserta program LTC yang berusia 62 tahun. Sejak 6 tahun yang lalu Bapak Asmudi terkena stroke dan tidak mampu bergerak, hanya berbaring, tidak mampu berbicara. Setelah mengikuti LTC selama 1 tahun Bapak Asmudi mengalami perkembangan yang signifikan. Intervensi yang dilakukan adanya home visit dokter dan perawat secara intensif, melatih gerak ringan dan memberi motivasi baik oleh care giver sendiri yang merupakan anak dari Bapak Asmudi, kader ramah lansia, dan masyarakat sekitar secara terus menerus.

Perubahan diawali dengan gerakan jari-jari kaki hingga mampu untuk ke kamar mandi secara mandiri, memakai baju, mampu berbicara meski belum lancar. Bapak Asmudi saat ini sudah bisa tersenyum dan memiliki semangat untuk hidup berkat adanya program LTC. Keberhasilan program LTC ini tidak hanya dialami oleh Bapak Asmudi, ada Ibu Supiah yang sudah 8 tahun stroke akibat jatuh dan hanya bisa berbaring di tempat tidur. Adanya LTC saat ini sudah ada perubahan yang signifikan yaitu mampu duduk, tersenyum dan berbicara lancer.

Keluarga merasakan perubahan signifikan. Caregiver Ibu Supiah merupakan anggota keluarganya yaitu suami sendiri. Adanya program Long term care dan pendampingan secara intensif oleh cita sehat foundation memiliki manfaat untuk kesehatan lansia lebih sehat dan berkualitas.(ndh)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV