Kamis, 15 September 2016

Care Giver Training, Yogyakarta



Yogyakarta merupakan propinsi di Indonesia yang memiliki proporsi penduduk lansia tertinggi yaitu 14,02 % dari total penduduk lanjut usia di Indonesia ( BPS, 2011 ). Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki penduduk lansia terbanyak yaitu 178.025 laki - laki dan 188.749 wanita. Adanya jumlah lansia yang tinggi menjadi tantangan untuk membuat para lansia dengan kualitas hidup yang baik dan sehat. Salah satu upaya kesehatan untuk para lansia, dilaksanakan program Dusun Ramah Lansia. Program ini dilaksanakan di dusun Karet, kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Program Dusun Ramah Lansia adalah program kepedulian seluruh lapisan masyarakat terhadap pelayanan dan pembinaan kesehatan lansia terutama perawatan jangka panjang pada lansia. Tujuan program ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dari berbagai usia dan profesi, mengetahui lebih awal penyakit yang diderita oleh lansia, meningkatkan kualitas hidup dan  produktifitas lansia, membentuk kemandirian masyarakat dalam upaya peningkatan status kesehatan lansia. Program Ramah Lansia memberlakukan sistem Long term Care, Long Term Care adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan terpadu yang dilakukan oleh tenaga profesional dan atau tenaga informal (keluarga, tetangga, pengasuh, relawan, atau kader-kader lainnya) bagi para lanjut usia yang tidak mampu atau kurang mampu dalam merawat diri sendiri dalam rangka menjaga kualitas hidupnya setinggi mungkin.  

Jumlah lansia yang dibina sejumlah 155 lansia dengan 10 diantaranya merupakan lansia yang disable (memiliki kemampuan terbatas). Beberapa kegiatan dalam dusun ramah lansia diantaranya sebagai berikut :

1.      Posyandu (Gathering)  Lansia
2.      Pelatihan Care Giver
3.      Home Visit/Home care
4.      Club Hipertensi  dan Club Diabetes Mellitus
5.      Bersih – bersih rumah lansia
6.      Sosialita Lansia
7.      Produktifitas lansia pengelola sedekah sampah dan kebun gizi
8.      Mobile Armada ‘Ambulance’
9.      Klinik Ramah Lansia

Tanggal 15 September 2016 sebanyak 19 care giver di wilayah bantul memperoleh training cara perawat lansia. Tujuan care giver training dengan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan skill care giver dalam merawat lansia. Training ini diberikan kepada para care giver atau keluarga yang merawat lansia dengan materi antara lain mengenai perawatan jangka panjang lansia, etika komunikasi lansia, jantung koroner dan penyakit degeneratif lansia, kesehatan gigi dan mulut, gizi lansia, pengelolaan keuangan lansia, kesehatan lingkungan dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini difasilitasi melalui CAS (Center Ageing Studies) UI, URINDO Jakarta. Adanya program care giver training diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, skill dalam merawat lansia di rumah sehingga mampu meningkatkan derajad kesehatan lansia, produktifitas dan kebahagiaan lansia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV