Rabu, 17 April 2019

Mind Mapping, Me And Friends

 

Analisis sebab munculnya masalah diperlukan untuk melihat akar masalah. Sehingga diharapkan ada beberapa alternative solusi yang dapat diberikan. Ini menjadi sesuatu hal yang asik dan menyenangkan ketika dibuat dengan cara fun yaitu melalui metode pembelajaran mind mapping, me and friends. Tujuan metode ini sebagai variasi pembelajaran di kelas supaya ada pelibatan teman melatih mahasiswa untuk dapat menjalin komunikasi, kerjasama dengan teman.

Tahap persiapan penyiapan kasus dan menghitung random kelompok mahasiswa terbagi menjadi 5-6 kelompok dengan jumlah 3-4 orang. Masing-masing kelompok juga akan random mendapat kasusnya. Setelah mendapat kasus masing-masing melakukan pemetaan analisis sebab masalah menggunakan sebab akibat dari kasus yang diberikan. Setelahnya mempresentasikan dengan cara yang unik yaitu dengan menempel-nempel Koran bekas yang didalamnya juga terdapat banyak tulisan/gambar-gambar secara random yang dapat digunakan sebagai bahan presentasi yang mewakilkan analisis sebab kasus serta pendekatan solusi. 

Contohnya dalam kasus penyebab layanan puskesmas menjadi sepi atau kasus adanya gizi buruk adalah pengetahuan ibu dan adanya sanitasi lingkungan. Mahasiswa dapat menempelkan tulisan atau gambar yang ada di dalam Koran sesuai lembar Koran yang dibagikan, misal di Koran tersebut ada gambar orang dengan tanda tanya dapat mewakilkan pengetahuan. Adanya keterbatasan dan Koran bekas sebagai model presentasi membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dan inovatif. Terkadang agak memaksakan tetapi akhirnya dalam presentasi mahasiswa dapat meyakinkan dengan berbagai argument dengan apa yang telah ditempel dalam kertas presentasi. Metode ini membuat mahasiswa enjoy dan senang. Hal ini diungkapkan oleh semua mahasiswa lebih mudah memahami dalam membuat suatu analisis maupun memahami mata kuliah khususnya perencanaan program kesehatan, managemen kualitas pelayanan kesehatan, organisasi dan managemen pelayanan kesehatan. Disela presentasi sebagai dosen saya menyampaikan muatan konsep sehingga tidak membosankan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV