Jumat, 13 Maret 2020

Peresmian Sekolah Lansia Gunung Kidul Bersama Mahasiswa


BKL Manunggal Asih yang merupakan salah satu COE (center of Excellent) BKKBN Perwakilan DIY menjadi salah satu lokasi dalam pengembangan kegiatan sekolah lansia. Berlokasi di Balai Dusun Tritis, Planjan, Saptosari yang dihadiri oleh lansia, mahasiswa prodi kesehatan masyarakat Unriyo kader BKL, dan PLKB, juga dari Indonesia Ramah Lansia dan BKKBN DIY sebagai penyelenggara acara. 

Anggota BKL Manunggal Asih yang sebagian besar lansia tampak antusias mendengarkan paparan yang disampaikan narasumber.  Sekolah lansia ini akan mendapat pendampingan langsung dari Dosen Unriyo, tim pengajar Indonesia Ramah Lansia dan stakeholder seperti Puskesmas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BKKBN.

Adanya sinergi antar pihak menjadikan sekolah lansia ini yang baru pertama kali didirikan di Kabupaten Gunung Kidul dapat berjalan lancar. 

Sekolah Lansia yang merupakan pendidikan non formal sebagai upaya pemberian informasi, pelatihan tentang kesehatan,  keagamaan, sosial, budaya sehingga lansia dapat hidup bahagia sejahtera. Tujaunnya adalah untuk Meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan, Meningkatkan kesehatan lansia dengan nilai spiritual sehingga husnul khatimah, Meningkatkan usia harapan hidup yang berkualitas dan berdaya guna sehingga Meningkatkan kebahagiaan dan kemandirian lanjut usia. Visi misi Sekolah Lansia adalah Menjadi pendidik non formal dalam mewujudkan lanjut usia SMART (Sehat, MAndiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) yang berguna bagi diri sendiri, keluarga dan negara.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV