Minggu, 26 Juni 2011

Saatnya Khitanan Massal bersama Rumah Zakat

Liburan sekolah saatnya musim khitanan. Rumah Zakat dalam rangkaian kegiatan merangkai senyum indonesia, khususnya program senyum sehat mengadadakan kegiatan khitanan massal. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Bersalin Gratis Rumah Zakat Cab. Yogyakarta. Untuk mengawali kegiatan ini, ada sesi pembukaan. Pembukaan diisi dengan sambutan dari Branch Manager Rumah Sehat Indonesia Cab. Yogyakarta dan edukasi dari tim dokter tentang khitan.
Adapun opening ceremony ini diikuti oleh kurang lebih 50 orang tua dan peserta khitan gelombang pertama. Setelah usai opening ceremony, para peserta khitan diarahkan ke ruang dongeng. Ruang dongeng ini berfungsi untuk mengkondisikan psikologis peserta agar tetap tenang. Beberapa film anak dan dongeng cukup membuat peserta senang mengikutinya.
Setelah ruang khitan telah siap, secara bergiliran peserta dipanggil untuk masuk ruang khitan. Walaupun ada tangis ketakutan atau kesakitan, peserta tetap mau dikhitan. Namun ada juga beberapa peserta yang harus dibujuk supaya mau dikhitan dengan ditemani oleh orang tuanya.
Seusai dikhitan, peserta akan diberi obat oleh petugas yang sudah siap diruang obat. Dan juga, dibekali obat untuk dibawa pulang serta uang saku.
Gelombang kedua mulai datang sekitar pukul 11.00 dan sambil menunggu giliran, mereka diarahkan ke ruang dongeng untuk bergabung bersama yang lain mengikuti “terapi psikologi” sebelum dikhitan.
Akhirnya, sebanyak 81 peserta telah dikhitan oleh tim dokter yang berjumlah 8 orang. Lancarnya acara ini didukung oleh partisipasi dari semua pihak, para medis, tim sterilisasi dan tentu saja tim relawan Rumah Zakat Cab. Yogyakarta.

1 komentar:

  1. mbakyu, aku ikutan lo di kegiatan ini
    kelingan ora sopo?
    mbak endaaaaahh, hehehehehehehe....

    BalasHapus

Zona Inspirasi Kompas TV