Selasa, 03 Januari 2012

Anda Stress, bisa coba makanan ini..

Bagi anda yang sedang mengalami tekanan jiwa, stress, tekanan pekerjaan dikantor, rehat sejenak dan silahkan untuk menikmati makanan dibawah ini semoga dapat membantu untuk menurunkan stress anda.

1. Kacang-kacangan
Kacang almond, pistachio, walnut dipercaya dapat membuat kepala dan hati Anda lebih tenang saat mengkonsumsinya. Pilih kacang-kacangan yang dibakar atau disangrai, atau oles selai almond butter dalam sarapan roti Anda. Kandungan vitamin B akan membantu tubuh bertahan di saat menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan. Segenggam pistachio sehari terbukti mampu menurunkan tekanan darah, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.
 
2. Bayam
Menurut Beth Reardon, RD, pakar nutrisi dari Duke Integrative Medicine in Durham, North Carolina, tiga mangkuk bayam bisa mensuplai 40 persen kebutuhan magnesium, yang merupakan mineral yang bisa mengurangi efek stres di dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak. Masukkan bayam dalam omelet atau sandwich jika tidak terlalu suka memakannya terpisah.

3. Jeruk
Bahkan orang sehat yang sedang stres pun bisa kena sakit, demikian menurut studi yang dilakukan peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh. Tensi darah sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun hal itu bisa dilawan dengan konsumsi vitamin C rutin yang banyak terdapat dalam jeruk. Vitamin C akan memperbanyak sel-sel imun tubuh dan mengurangi risiko masuknya virus.

4. Cokelat
Sudah tidak heran lagi jika cokelat disebut sebagai makanan penghilang stres. "Cokelat akan meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak yang akan memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamin," ujar Alan Hirsch, MD, direktur Smell & Taste Treatment and Research Foundation, Chicago.

5. Ikan
Kandungan omega 3 dalam ikan-ikan laut seperti salmon dan tuna bisa meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi kepikunan. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Diabetes & Metabolism, partisipan yang mengonsumsi ikan tersebut selama 3 minggu diketahui mengeluarkan hormon anti stres yang lebih tinggi saat melakukan beberapa tes kognitif.

6. Alpukat
Jus alpukat juga mampu atasi stress, rasa gurih dan manisnya akan memuaskan hasrat Anda dan mengurangi rasa gelisah. Setengah buah alpukat mengandung potassium lebih tinggi dari pisang dan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Semoga setelah mengkonsumsi makanan diatas kadar stress yang ada dalam tubuh semakin menurun dan kembali semangat dalam melakukan aktifitas.
selamat berkarya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV