Jumat, 27 Januari 2012

Rumah Zakat Peringati Hari Gizi Nasional


Rangkaian Hari Gizi Nasional 25 Januari 2012, 
Gerakan Gizi 1000 Hari Menuju Indonesia Prima 

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menunjukkan angka kurang gizi pada balita mengalami penurunan sebanyak 17,9& dibanding tahun 2007 18,4%. Namun demikian penduduk Indonesia masih menghadapi ancaman masalah gizi. Data ini juga menunjukkan pentingnya perhatian bersama antara pemerintah dan kalangan swasta.

Even Hari Gizi Nasional merupakan momentum untuk memikirkan persoalan gizi yang masih menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia serta upaya terbaik dalam mengatasi tantangan ini.

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, program kesehatan Rumah Zakat cabang Yogyakarta turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kesadaran akan gizi di masyarakat.  Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Rumah Zakat terangkum dalam tema  Gerakan Gizi 1000 Hari Menuju Indonesia Prima”. Maksud dari tema tersebut bahwa periode umur anak dibawah 2 tahun dikenal dengan “periode emas” . Jadi, untuk medapatkan generasi yang sehat dan kuat di mulai dari anak masih dalam kandungan sampai ia berumur 2 tahun (1000 hari)
 
 Beberapa kegiatan yaitu kampanye melalui media edukasi (leaflet) mengenai Gerakan Gizi 1000 Hari Menuju Indonesia Prima kepada member, pengunjung Rumah Bersalin Sehat Keluarga cabang Yogyakarta, ibu-ibu binaan posyandu Rumah Zakat. 

Kegiatan lain yaitu Pemberian Makanan Tambahan kepada balita yang terindikasi gizi kurang sampai buruk dilanjutkan pemeriksaan dan pengobatan Gratis. Puncaknya akan digelar acara edukasi yang dikemas menarik bagi ibu dan 500 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengenai pentingnya gizi bagi tubuh, gerakan makan buah dan sayur dengan membagikan buah kepada anak-anak.

Dilanjutkan dengan perlombaan penyusunan menu gizi seimbang oleh ibu-ibu di seluruh wilayah posyandu binaan Rumah Zakat,  selain itu akan dilakukan launching gerakan makan buah, sayur setiap hari (PHBS), perkenalan program tanam sayur serentak di seluruh ICD di Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV