Sabtu, 04 Februari 2012

Kreatif mengelola anggaran kesehatan

Secara kuantitas anggaran Kemenkes pada 2012 mengalami kenaikan dibandingkan pada 2011. Anggaran pada 2012 sebesar Rp29,915 triliun, sedangkan pada 2011 sebesar Rp29,448 triliun. Namun, jika dilihat secara kualitas persentase terhadap total APBN yang dialokasikan untuk kesehatan menurun 2,1%.

Pada 2011 anggaran kesehatan dialokasikan 2,3% dari total nilai APBN. Anggaran ini masih jauh dari amanat UU No 36/2009 tentang Kesehatan, yang menyatakan anggaran kesehatan dialokasikan 5% dari APBN. ”Memang masih kurang (anggaran kesehatan). Namun, kami kata menteri kesehatan tetap akan mengupayakan yang terbaik.  Pada 2012 anggaran kesehatan akan lebih besar digunakan untuk kegiatan kuratif sebesar Rp15,56 triliun.Sedangkan sisanya sebesar Rp14,34 triliun akan digunakan untuk kegiatan preventif/promotif,”papar Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih (sumber harian sindo)

Kaitan dengan anggaran negara tadi jadi terpikir lebih dimensif mengenai pengelolaan anggaran di layanan kesehatan dimana saya bekerja (mengabdi-red) mengenai kata "efisiensi program". kuncinya ada di inovasi program.  bagaimana membuat program dengan anggaran terbatas dengan tetap mengupayakan yang terbaik.
(seperti kata Bu menkes diatas :) )


Prinsip ekonomi sepertinya bisa diberlakukan disini, dengan anggaran sekecil-kecilnya diperoleh hasil yang seoptimal mungkin. :) kapan-kapan boleh dibahas mengenai implementasi ekonomi kesehatan ini

Sebetulnya kemampuan seseorang untuk mnghasilkan ide inovatif bukan hanya faktor pikiran saja, ada peran faktor perilaku. artinya kita perlu mengubah perilaku orang, perilaku organisasi, yang secara langsung akan mengubah dampak kreatif. bisa di includekan ke poin diatas tadi kan ya

Kalimat sederhananya kita dapat menjadi lebih inovatif jika mengubah perilaku kita, perilaku organisasi dari level top managemen hingga garda karyawan. Kuncinya perilaku (behavior). Artinya faktor tersebut dapat dipelajari..

Miliki perilaku observing, questioning,networking, experimenting..

Think be creatif..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Inspirasi Kompas TV